Membuat Bahasa Pemrograman Sendiri dalam 5 Menit

Bahasa pemrograman apa saja yang sudah pernah anda gunakan? C, C++, PHP, Perl, Java, VB, atau yang lain? Apa kesamaan bahasa-bahasa pemrograman tersebut? Tentu kesemua bahasa pemrogrman tersebut menggunakan syntax dalam bahasa Inggris. Pada artikel ini saya akan coba menunjukkan kepada anda bagaimana membuat bahasa pemrograman yang menggunakan syntax bahasa Indonesia, meski sebenarnya ini hanyalah teknik “goblok-goblokan” saja :).

Jadi nantinya kita dapat menuliskan 'jika [ kondisi true ] maka blablabla...' daripada 'if [ kondisi true ] then blablabla...'. Tertarik?

Bahasa pemrograman yang akan kita buat sebenarnya merupakan sebuah shell script. Pada shell script terdapat sebuah tool yang sangat berguna yaitu alias. Dengan program alias kita dapat memberikan nama lain untuk sebuah perintah. Dan tahukah anda bahwa perintah ls juga sebenarnya adalah alias dari perintah ls --color=auto.

Nah, karena shell script juga memiliki struktur percabangan dan perulangan maka kita dapat membuat sebuah program menggunakan shell script. Perintah alias kita gunakan untuk memberi nama lain pada syntax shell script yang berhubungan dengan pembuatan program seperti echo, if, then, dan lain-lain. Berikut ini adalah alias yang saya gunakan untuk meng-Indonesiakan shell

Full Story at http://rioastamal.net/2008/08/tutorial-membuat-bahasa-pemrograman-sendiri-dalam-5-menit/

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: